Minggu, 02 Januari 2011

Pemerintah Uzbekistan Siksa Tahanan Kebanyakan Aktivis Islam Hingga Tewas

39 orang tewas akibat penyiksaan di penjara pemerintah otoriter Uzbekistan tahun ini di tengah tindakan keras pemerintah terhadap kelompok agama dan kritikus pemerintah, lapor kelompok HAM Kamis kemarin (30/12).
Kelompok Independen pembela HAM mengatakan angka tersebut berdasarkan informasi dari keluarga korban dan mantan tahanan. Mereka menambahkan bahwa jumlah kematian tersebut sebenarnya bisa lebih tinggi, tetapi banyak yang tidak dilaporkan karena keluarga takut adanya pembalasan pemerintah atas tindakan mereka menghubungi aktivis HAM atau wartawan.
Pada tahun 2009, kelompok ini mencatat ada 20 kematian di penjara Uzbekistan akibat penyiksaan.
Otoritas penjara sering mengembalikan mayat tahanan ke kerabat mereka dalam peti mati tertutup untuk menyembunyikan adanya penyiksaan, kata laporan itu. Polisi memaksa keluarga untuk mengabaikan upacara pemakaman Muslim dan mengubur peti mati tanpa harus dibuka, katanya.
"Mereka membawa jenazah larut malam, mengatakan kepada kerabat korban untuk menguburkan jenazah di waktu fajar dan kemudian patroli akan berpatroli selama beberapa hari di dekat rumah setelah pemakaman," kata ketua kelompok itu, Surat Ikramov, kepada The Associated Press.
Hukum Islam mengatur bahwa mayat harus dimandikan dan penguburan dalam kain kafan.
Pejabat Uzbek tidak bersedia memberi komentar.
Human Rights Watch mengatakan pada tahun 2007 bahwa pihak berwenang Uzbek berwenang secara rutin memukul tahanan dan menggunakan sengatan listrik, membuat sesak napas dan penghinaan seksual untuk mengekstrak informasi dan pengakuan para tahanan. Sebuah laporan forensik yang ditugaskan oleh Kedutaan Besar Inggris di tahun 2002 menyimpulkan bahwa dua aktivis yang dipenjara direbus sampai mati.
Puluhan aktivis Islam dan kelompok oposisi telah dipenjara di Uzbekistan dalam beberapa tahun terakhir.
Khawatir dengan kebangkitan kembali tradisi Islam dan ancaman Islam radikal dari negara tetangga Afghanistan, pemerintah Islam Karimov telah bertahun-tahun menekan Muslim damai yang mempraktekkan iman mereka di luar masjid yang disetujui pemerintah.
Ikramov mengatakan jumlah Muslim yang ditahan di penjara-penjara Uzbek mendekati angka 10.000. "Jumlah tersebut selalu meningkat," katanya.
His group said this year alone 370 Uzbeks, including dozens of women, have been convicted and jailed on trumped-up charges of membership in radical Islamic groups. kelompok-Nya mengatakan tahun ini saja 370 Uzbek, termasuk puluhan perempuan, telah dihukum dan dipenjara atas tuduhan palsu bahwa keanggotaan dalam kelompok-kelompok Islam radikal. It said the defendants are routinely tortured before they face closed trials. Dikatakan terdakwa secara rutin disiksa sebelum mereka menghadapi cobaan tertutup. Once in jail, they face beatings and abuse from other inmates encouraged by prison authorities, the group said. Setelah di penjara, mereka menghadapi pemukulan dan pelecehan dari narapidana lain didorong oleh otoritas penjara, kata kelompok itu.
Karimov telah memerintah negara dengan mayoritas Muslim sebanyak 28 juta sejak sebelum keruntuhan Soviet 1991. (fq/ap)

Tidak ada komentar: